>

Abu Bakar rodhiyallohu ‘anhu adalah laki-laki pertama dari sepuluh orang yang diberi kabar gembira akan masuk surga oleh Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam. Namanya adalah ‘Abdullah bin ‘Utsman. Akan tetapi beliau lebih dikenal dengan nama kunyahnya, yaitu Abu Bakar rodhiyallohu ‘anhu. Julukan beliau adalah Ash Shiddiq. Karena beliau adalah orang yang paling segera membenarkan Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam.

Abu Bakar adalah seorang tokoh Islam yang diakui kehebatannya dalam menegakkan agama Alloh. Keutamaannya begitu besar. Para ulama sepakat akan kedudukannya sebagai orang nomor satu di kalangan para sahabat.

Abu Bakar rodhiyallohu ‘anhu adalah orang yang pertama kali masuk Islam dari kalangan laki-laki. Di kalangan shohabat, beliau adalah orang yang paling pemberani, paling dermawan, paling ‘alim (berilmu), dan paling bertaqwa kepada Alloh.

Beliau adalah manusia yang paling dicintai Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam. Sampai-sampai Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam mengatakan,
“Seandainya aku boleh mengambil seorang khalil (kekasih yang tercinta), niscaya aku akan mengambil Abu Bakar sebagai khalil-ku.”
(HR. Bukhari dan Muslim).
Berkata Al Imam Asy-Sya’bi,
“Alloh telah memberikan kekhususan kepada Abu Bakar rodhiyallohu ‘anhu dengan empat perkara yang tidak dimiliki oleh seorang pun:
1. Dinamai dengan Ash Shiddiq.
2. Orang yang menemani Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam di Gua Tsur.
3. Orang yang menjadi teman setia Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam dalam berhijrah.
4. Orang yang ditunjuk Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam untuk mengimami manusia dalam sholat. “
Abu Bakar rodhiyallohu ‘anhu adalah orang yang sangat takut kepada adzab Alloh. Sampai-sampai beliau mengatakan,
“Sungguh aku ingin menjadi sehelai rambut yang menempel di tubuh seorang budak yang beriman.”
Pada suatu hari, Abu Bakar pernah dibawakan makanan oleh seorang anak. Ternyata makanan itu hasil perdukunan di zaman jahiliyah. Setelah mengetahui tentang hal tersebut, beliau langsung memuntahkannya. Ini membuktikan betapa zuhud dan wara’-nya beliau. Abu Bakar adalah seorang laki-laki yang sangat pemberani. Keberaniannya diakui oleh lawan dan kawan. Setiap peperangan beliau ikuti. Hijrah di jalan Alloh pun beliau jalani. Beliaulah yang memerangi orang-orang murtad sepeninggal Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam.
Ketika para sahabat dirundung kesedihan atas kematian Rosululloh, tiba-tiba tampillah Abu Bakar berbicara di hadapan para sahabat dengan ucapan yang menyentuh dan membuat mereka sadar. Beliau membaca Firman Alloh:
“Sesungguhnya engkau akan mati dan mereka akan mati pula.” (QS. Az Zumar: 30).
“Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang Rosul.” (QS. Ali ‘Imran: 144).
Kemudian beliau mengatakan,
“Wahai manusia! Barangsiapa yang menyembah Muhammad, maka beliau telah tiada. Dan barangsiapa menyembah Alloh, maka sesungguhnya Alloh adalah Dzat Yang Maha Hidup dan tidak akan pernah mati.”
Maka para sahabat menjadi tenang dan sadar dengan ucapan beliau. Hal ini menunjukkan betapa ‘alim dan kokohnya iman Abu Bakar. Keutamaan beliau yang tidak tertandingi diakui pula oleh ‘Umar bin Khaththab. Ketika diserukan untuk bershodaqoh, dengan keyakinan akan mengalahkan Abu Bakat ‘Umar menshodaqohkan setengah hartanya. Namun ternyata Abu Bakar datang membawa seluruh hartanya. ‘Umar baru sadar bahwa dia tidak akan pernah mengungguli Abu Bakar dalam perkara apapun selama-lamanya.
Beliau meninggal pada tahun 13 Hijriyah di umur 63 tahun. Kota Madinah dirundung kesedihan. Telah pergi khalifah pertama dan manusia terbaik setelah Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam. Beliau dikuburkan pada malam hari di sisi Rosululloh.
Diambil dari Buku “Kisah 20 Shohabat Peraih Janji Surga” karya Abu ‘Umar Ibrohim dan Abu Muhammad Miftah. Penerbit: Hikmah Anak Sholih – Yogyakarta. (dengan sedikit edit dari redaksi). 
Daftar Istilah (Glossary):
a. kunyah = nama yang dinisbatkan kepada seseorang, misalnya Abu Fulan (bapaknya Fulan), Ummu Fulan (ibunya Fulan), Ibnu Fulan (anaknya Fulan).
b. khalil = kekasih.
c. wara’ = rasa takut akan siksa Alloh.