>

oleh Asy Syaikh Muhammad bin Rabi bin Hadi Al Madkhali hafizahullohu
Wahai saudaraku yang mulia, sampailah kita kepada maksud seperti yang termaktub dalam judul risalah ini. setelah kita mengetauhi perbedaan manhaj salaf dengan khalaf dan kita telah mengetahui pula kedudukan dan pentingnya akidah salaf tersebut. Ringkasnya adalah berpegang teguh dengan sunnah dan menjauhi kebid’ahan. Aku akan menyebutkan disini dua imam yang mulia>
  1. Imam Al Zuhri rohimahullohu Ta’ala, beliau berkata, “Ulama-ulama kita mengatakan berpegang teguh dengan sunnah adalah keselamatan.”
  2. Imam Malik rohimahullohu mengatakan, “As Sunnah adalah seperti perahunya Nabi Nuh, barangsiapa yang menaikinya akan selamat dan barangsiapa yang tidak mau naik kepadanya akan tenggelam.”
Seharusnya bagi penuntut ilmu untuk bersemangat untuk menyelamatkan akidah dan manhaj-nya, hendaklah para penuntut ilmu membiasakan diri dengan kitab-kitab sunnah dan kitab i’tiqod salafus sholih serta bersungguh-sungguh dalam menelaahnya. Hendaklah mempraktikkan apa yang telah diketahuinya dengan penuh keadilan dalam semua urusan. Tidak tafrith (menyepelekan) dan tidak pula ifrath (melampaui batas/ghulw).

Hendaklah para penuntut ilmu menghindari kekerasan yang melampaui batas. Hendaklah selalu bersama para ulama yang kokoh di atas sunnah dan mengambil dari mereka jalan untuk menggeluti lingkungan yang berada di sekitar kita. Hendaklah pula menjauhkan diri dari sikap menentang dan berpaling dari manhaj salaf serta kitab-kitabnya atau menjelek-jelekan para ulama yang kokoh (di atas ilmu) ataupun menganggap mereka jahil dan lalai.

Jika semuanya ini telah kalian ketahui, maka ketahuilah wahai saudaraku, bahwa kitab-kitab yang menjelaskan tentang akidah salaf ada tiga bentuk yaitu:
  • Pertama: Kitab-kitab Hadits. 
  • Kedua: Kitab-Kitab Tafsir. 
  • Ketiga: Kitab-kitab khusus yang berisi tentang permasalahan Ijtihad. 
Dan aku (penulis) akan menyebutkan dari tiap-tiap bagian macam-macamnya jika memungkinkan. 
(dari buku: “Adwa’un ‘ala Kutubus-Salafi fil-Aqidati”. Terjemahan: “Berkenalah dengan Salaf (Kajian Bagi Pemula)”, penerbit: “Maktabah Salafy Press – Tegal).