>

PD*28674722
Siapakah Khawarij itu? Mereka adalah orang-orang yang mengkafirkan kaum Muslimin dengan sebab-sebab dosa besar yang tingkatannya masih dibawah kesyirikan dan kekufuran. Mereka adalah orang-orang yang keluar dari sikap taat kepada penguasa, serta menentang penguasa dengan mengangkat senjata. Mereka juga menyerukan kepada kaum Muslimin untuk memerangi penguasa. Jenis yang ini dinamakan dengan penentangan dengan kekuatan fasik.
Al Khawarij adalah bentuk jamak dari kata Al-Kharijah, yang maknanya secara luas adalah para pemberontak yang keluar dari sikap taat kepada penguasa muslim. Disebutkan oleh pentahqiq (peneliti) kitab Al-Milal wan Nihal (I/131) bahwa Al Khawarij adalah pihak-pihak yang mencampakkan ketaatan kepada penguasa pemerintahan Muslim dengan alasan kesesatan penguasa dan tidak adanya kemauan membela kebenaran. Kaum Khawarij ini memiliki beberapa bentuk madzhab dan paham sesat yang mereka ada-adakan sendiri.

Al Imam Asy-Syahrastani rohimahullohu (wafat 548H) sendiri dalam kitabnya Al-Milal Wan Nihal di atas (I/132) menegaskan:
“Setiap orang yang memberontak kepada imam (penguasa) yang sah dan telah disepakati kaum Muslimin maka dia disebut sebagai Khawarij. Sama saja apakah dia memberontak pada masa Sahabat kepada Al Immah (Al Khulafa) Ar Rasyidin, atau setelah masa tabi’in maupun (pemberontakan) terhadap para imam (penguasa) di setiap zaman.”
Perhatikan pula penegasan Al Imam Al Barbahary rohimahullohu (wafat 329 H) dalam Syarhus Sunnah (no.34):
“Barangsiapa yang memberontak kepada salah satu penguasa dari para penguasa kaum Muslimin maka dia adalah Khawarij dan berarti dia telah memecah belah kesatuan kaum Muslimin serta menentang sunnah. Matinya pun dalam keadaan mati jahiliyyah.”
Sehingga dari penjelasan para ulama di atas kita tahu bahwa ciri khas Khawarij adalah melakukan pemberontakan atau penentangan terhadap penguasa muslim yang sah di setiap zaman.
Allohu Musta’an.
(Disarikan dari Buku “Mengidentifikasi Neo-Khawarij sebagai Sejelek-jelek Mayat di Kolong Langit” karya Jamal bin Furaihan Al Haritsi. Rekomendasi Syaikh Sholih bin Fauzan bin ‘Abdullah Al Fauzan hafizahullohu. Diterjemahkan dan dijelaskan oleh Al Ustadz Luqman bin Muhammad Ba’abduh hafizahullohu. Penerbit Qaulan Sadida – Malang).