>

oleh: Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rohimahullohu
normal_MN_116
Sesungguhnya Alloh Ta’ala telah mengutus Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam dengan Al Huda (petujuk) dan Dienul Haq (agama kebenaran). Al Huda adalah kabar/berita yang benar serta ilmu yang bermanfaat, dan Dienul Haq adalah rangkaian syari’at secara hukum-kumum yang datang dengannya Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam. Alloh berfirman:
هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ
“Dia lah yang mengutus Rosul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama meskipun orang-orang musyrik benci.” (QS. Ash Shaff: 9).
Alloh Ta’ala telah mengutus beliau pada kalangan jin dan manusia. Arab maupun ‘Ajam (non Arab), lelaki maupun perempuan. Alloh Ta’ala mengutus beliau untuk mengajari manusia tentang agama dan memahamkan mereka akan agama mereka, menjelaskan kepada mereka sebab-sebab keselamatan serta memperingatkan mereka dari sebab-sebab kebinasaan. Alloh mengutus beliau dengan agama Islam.
إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الإسْلامُ
“Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Alloh hanyalah Islam.” (QS. Ali ‘Imran: 19).

Alloh mengutus beliau dengan Al Huda dan Dienul Haq, yakni dengan berita-berita yang benar, ilmu-ilmu yang bermanfaat, syari’at-syari’at yang lurus dan hukum-hukum yang adil. Alloh mengutus beliau untuk menyeru kepada setiap kebaikan dan melarang dari setiap kejelekan. Alloh mengutus beliau untuk menyeru kepada akhlaq-akhlaq yang mulia serta mencegah dari akhlaq-akhlaq yang buruk serta amalan-amalan yang jelek.
Alloh Ta’ala berfirman:
وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ
“Tidaklah Kami mengutus engkau, melainkan sebagai rahmat bagi semesta alam.” (QS. Al Anbiya’: 107).
Dan Dia juga berfirman:
قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ لا إِلَهَ إِلا هُوَ يُحْيِي وَيُمِيتُ فَآمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ النَّبِيِّ الأمِّيِّ الَّذِي يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَكَلِمَاتِهِ وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ
“Katakanlah: Wahai manusia, sesungguhnya aku adalah utusan Alloh kepada kalian semua, yaitu Alloh Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada sesembahan yang haq selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kalian kepada Alloh dan Rosul-Nya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Alloh dan kalimat-kalimat-Nya dan ikutilah dia supaya kalian mendapat petunjuk.” (QS. Al A’raf: 158).
Dan Dia juga berfirman pada ayat sebelumnya:
فَالَّذِينَ آمَنُوا بِهِ وَعَزَّرُوهُ وَنَصَرُوهُ وَاتَّبَعُوا النُّورَ الَّذِي أُنْزِلَ مَعَهُ أُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
“Maka orang-orang yang beriman kepadanya, mendukungnya, menolongnya, dan mengikuti cahaya yang diturunkan kepadanya (Al Qur’an), mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Al A’raf: 157).
Sumber: Bimbingan Indah Seorang ‘Alim tentang Akhlaq Kaum Mukminin (Cermin Koreksi Mukmin Sejati). Penerbit: Darul Ilmi Yogyakarta.