>

oleh: Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz hafizahullohu.
Demikian pula iman kepada para Malaikat, yang mereka senantiasa taat kepada Robb mereka, tentara dari tentara-tentara-Nya, perantara antara Dia dan hamba-hamba-Nya dalam penyampaian segenap perintah dan larangan-Nya.
  
يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ
“Mereka tidak mendurhakai Alloh terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan mereka selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6)
Alloh menciptakan mereka dari an-nuur (cahaya), mereka selalu menunaikan perintah-Nya, sebagaimana firman Alloh Ta’ala:
بَلْ عِبَادٌ مُكْرَمُونَ لا يَسْبِقُونَهُ بِالْقَوْلِ وَهُمْ بِأَمْرِهِ يَعْمَلُونَ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلا يَشْفَعُونَ إِلا لِمَنِ ارْتَضَى وَهُمْ مِنْ خَشْيَتِهِ مُشْفِقُونَ
“Sebenarnya (malaikat-malaikat itu) adalah hamba-hamba yang dimuliakan. Mereka itu tidak mendurhakai-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya. Alloh mengetahui segala sesuatu yang ada di hadapan mereka (malaikat) dan yang dibelakang mereka, dan mereka tiada memberi syafa’at melainkan kepada orang yang diridhai oleh Alloh, dan mereka selalu berhati-hati karena takut kepada-Nya.” (QS. Al Anbiya’ : 26-28).

Sholawat serta salam semoga tercurah atas mereka. Dan Alloh Ta’ala berfirman tentang mereka:
يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ
“Mereka tidak mendurhakai Alloh terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan mereka selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6).
Demikian pula iman kepada al-kitab. Dan yang dimaksud adalah kitab-kitab yang diturunkan dari langit, yang paling agung adalah Al Qur’anul Karim. Maka ahlul iman beriman kepada kitab-kitab yang diturunkan atas segenap anbiya’ di masa lalu. Dan yang paling akhir, paling agung serta paling mulia adalah Al Qur’anul ‘Azhim yang diturunkan atas Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam.
Dan demikian pula kaum mukminin mereka beriman kepada para Nabi dan Rosul secara keseluruhan dan membenarkan mereka. Yang paling akhir adalah Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam, dan beliau adalah penutup mereka serta yang paling mulia.
Sumber: Bimbingan Indah Seorang ‘Alim tentang Akhlaq Kaum Mukminin (Cermin Koreksi Mukmin Sejati). Penerbit: Darul Ilmi Yogyakarta.